Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Untuk anda yang merenovasi rumah sebaiknya memikirkan hal ini dengan matang agar resiko boros dapat dikurangi, dan juga bisa menyesuaikan ide – ide cemerlang anda dengan budget yang anda miliki. Sedangkan untuk mengetahui biaya renovasi rumah tidaklah mudah karena berbagai elemen banyak dibutuhkan dan konsep seseorang dalam memperkirakan biaya tersebut selalu berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya.
Namun anda tidak perlu bingung pada artikel saya kali ini akan memberikan tips dalam menghemat biaya renovasi rumah yaitu :
1. Persiapan Dana
Dalam mempersiapkan dana, lebih baik anda menyiapkan dana yang lebih daripada dana yang pas dengan hitungan anda. karena biasanya muncul biaya – biaya tak terduga yang dibutuhkan, Jika dana anda kurang maka bisa menghambat pekerjaan renovasi tersebut dikarenakan kurangnya bahan yang diperlukan. namun beda lagi jika anda sudah mengkonsultasikannya dengan yang ahli serta sudah dibuatkan RAB yaitu total dari seluruh biaya renovasi seperti yang anda inginkan.
2. Model Renovasi
Model renovasi sangat berpengaruh dengan biaya yang akan anda keluarkan nantinya. Renovasi bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu renovasi rumah sebagian dan renovasi rumah total. Dikatakan renovasi sebagian misalnya seperti pengecatan dan penataan interior dalam rumah, perubahan tata ruang, menambah bagian rumah, atau bisa juga merubah letak kamar. Sedangkan renovasi total bisa dicontohkan seperti jika anda telah membeli perumahan dengan type 36 kemudian anda ingin merombaknya secara total maka biaya yang dikeluarkan bisa lebih dari pembangunan awalnya karena adanya pembongkaran dahulu. Pertimbangkan dulu sebelum anda merombaknya secara total supaya terjadi penghematan alias dana yang dikeluarkan tidak begitu besar.
3. Menentukan bahan bangunan
Jika budget yang anda miliki sangat terbatas maka anda bisa menggunakan bahan bangunan yang memiliki kualitas sedang atau bisa juga memakai barang bekas, apabila kita pintar dalam memilih barang bekas maka barang tersebut akan berkualitas baik meskipun memiliki nama bekas. Tapi ada yang perlu anda perhatikan yaitu menggunakan bahan – bahan yang benar – benar berkualitas misalnya pada penggunaan pondasi rumah, struktur rumah, rangka atap, dan pipa air yang ditanam. Jika pada bahan pembuatan tersebut berkualitas jelek maka suatu hari terjadi kebocoran terpaksa akan melakukan pembongkaran dan pastinya membutuhkan dana lagi. Kemudian untuk cat luar rumah sebaiknya juga menggunakan yang berkualitas karena diluar akan sering terkena hujan dan matahari serta lembabnya udara.
4. Pembayaran pekerjaan renovasi
Sistem pembayaran renovasi biasanya terbagi menjadi dua macam yaitu borongan dan harian. Sebaiknya untuk anda yang sudah memiliki pikiran matang dan konsep renovasi yang jelas alangkah baiknya anda memilih pembayaran dengan sistem borongan karena dengan pembayaran ini akan lebih menghemat pengeluaran.
Tidak ada salahnya jika anda menghitung perkiraan biaya dalam merenovasi rumah, dibawah ini biasanya biaya yang dibutuhkan untuk renovasi rumah:
Menghitung biaya renovasi rumah total :
– Biaya renovasi total : 1,5 – 3jta/m2 tergantung dari lokasi anda dan bahan yang anda gunakan
– Total biaya : biaya per meter dikalikan luas bangunan
Biaya renovasi rumah sebagian :
– Biaya pengecatan ulang : 15.000-35.000/m2
– Biaya ganti keramik : 50.000-125.000/m2
– Pemasangan batu alam:  50.000-100.000/m2
– Biaya Penggantian rangka: 125.000-175.000/m2
– Pemasangan batu bata: 40.000-75.000/m2
Biaya renovasi tersebut akan berbeda-beda setiap daerah, jika lokasi anda kota biasanya biaya yang dibutuhkan akan semakin mahal. Jadi persiapkan dana yang lebih supaya renovasi yang anda lakukan tidak terhambat dan sesuai dengan keinginan anda.
Demikian yang bisa saya tuliskan pada artikel yang berjudul cara menghemat biaya renovasi rumah, jika anda masih merasa kesulitan alangkah baiknya anda meminta jump4loves.com/tours/ bantuan pada ahli kontraktor renovasi rumah supaya renovasi yang anda inginkan sesuai dengan keungan yang anda miliki. Semoga bermanfaat.